|    Diharapkan Kepada Semua SKPD menetapkan Renja Tahun 2017   |     |    Aplikasi Musrenbang Online bisa di akses melalui http://simbang.pinrangkab.go.id   |    

Berita

Bimtek Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG), KDRT dan Perlindungan Anak
Posted By: Admin Tanggal : 27-10-2015 Dibaca : 615 kali

Pinrang. Kegiatan Bimtek Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG), Kekerasan dalam Rumah Tangga dan Perlindungan Anak dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang Drs. H. Syarifuddin Side, M.Si, MH. Di Aula Kantor Bappeda Pinrang pada hari Senin (26/10/2015), pemateri Bimtek Nur Anti, SE, MT dan Febriani, M, SKM, M.Kes dari Badan PPKB Provinsi Sulawesi Selatan, sedangkan moderator Kabid Sosial Budaya Haeruddin Hamid, S.Sos sebagai penanggungjawab kegiatan PPRG. Bimtek dilaksanakan selama dua hari tanggal 26 s/d 27 Oktober 2015 yang pesertanya staf dari Kecamatan, Kelurahan dan Desa se Kabupaten Pinrang.

             Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang yang dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu agenda prioritas (Nawacita) Jokowi-JK adalah Membangun Indonesia dari Pinggiran dengan Memperkuat daerah-daerah dan Desa dalam kerangka negara kesatuan, lanjut beliau bahwa untuk memperkuat Desa/Kelurahan dengan melibatkan peran perempuan dalam pembangunan, dan di Kabupaten Pinrang peran perempuan di Desa/Kelurahan sudah mulai nampak dengan banyaknya perempuan yang memegang peran khususnya aparat Desa/Lurah. Dan anggaran untuk Desa dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, olehnya itu Sekretaris Daerah menghimbau pada saat penyusunan RAPB-Desa supaya  peserta bimtek nantnya dapat mengusulkan anggaran untuk Responsif Gender.

Sementara itu Plt. Kepala Bappeda Muhammad Idris, SE, M.Si dalam laporannya menjelaskan bahwa latar belakang pelaksanaan bimtek ini adalah:  1) Pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang baik ekonomi, pendidikan, sosial, komunikasi dan informasi agar mereka terbebas dari belenggu kemiskinan dan keterbelakangan;  2) Kekerasan dalam rumah tangga; 3) Perlindungan Anak; 4) Perencanaan dan Penganggaran yang responsif Gender. Sedangkan tujuan dari Bimtek ini adalah agar peserta dapat memahami secara menyeluruh tentang pemberdayaan perempuan, KDRT, Perlindungan Anak dan Perencanaan yang Responsif Gender dan memberi pemahaman sekaligus rujukan untuk pelaksanaan percepatan PUG melalui perencanaan yang Responsif Gender (PPUG) di daerah agar lebih terarah, sistematis, sinergis serta menjadi pedoman bagi pemangku kebijakan dalam perumusan perencanaan dan penganggaran yang sinergis.



 

Agenda Kegiatan

Link










Aplikasi



Statistik


067470

hari ini : 1
Total : 21239
Hits hari ini : 6
Total Hits : 67470
Online : 1

Adminstration
© Copyright 2014 Badan Pembangunan Daerah Kabupaten Pinrang
Powered By IT Kabupaten Pinrang